Jumat, 30 Desember 2011

Cara Mengkoneksikan Jaringan Antar Switch Pada Cisco packet Tracer

            Paket Tracer 5.3 adalah sebuah solusi bagi para pembelajar cisco untuk membuat konsep jaringan sementara, mungkin bisa juga di terapkan untuk implementasi sebenarnya sebelum membuat jaringan yang benar-benar nyata.


         Packet tracer melengkapi kurikukum Networking Academy di cisco untuk mempermudah pengajaran, menunjukkan konsep teknis yang rumit dan merancang sistem jaringan dengan jumlah perangkat yang hampir tak terbatas, mendorong praktik, penemuan, dan pemecahan masalah. Siswa dapat membangun, mengkonfigurasi, dan atasi masalah jaringan menggunakan peralatan virtual dan koneksi disimulasikan, sendiri atau bekerja sama dengan siswa lain. Yang paling penting, Packet Tracer membantu siswa dan instruktur menciptakan dunia mereka sendiri jaringan virtual untuk eksplorasi, eksperimen, dan penjelasan tentang konsep dan teknologi jaringan.



   Berikut langkah-langkah pengkonecsian nya......
1. buka aplikasi cisco packet tracer yg telah kamu install.. pilih file lalu pilih new..


 

2. Tambahkan PC ke dalam area kerja yang terdapat di menu bagian bawah. disini saya menggunakan 8 buah PC


3. sekarang baru kita masukkan swichtnya.
terus kita masukkan kabel straight antara PC dan Swicht, disini saya masukkan 2 switch saja. swicht tersebut saling terconnetic antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan kabel cross over. seperti yang saya buat dibawa ini.


4. selanjutnya kita akan membuat cara mengconetic antara dua buah switch dan delapan buah PC, seperti  yang saya buat diatas. caranya adalah dengan dauble klik pada PC, lalu pilih dektop. seperti ini ya...


5. setelah kita pilih dektop terus kita pilih IP Configuration dan akan kita tentukan jumlah IP nya.. disini saya menggunakan jumlah IP 1 sampai 8 IP.
contoh :     -     192.168.1.1 
                 -     192.168.1.2
disini saya cuma menampilkan 2 contoh  saja. selanjutnya setelah IP address di isi jumlahnya subnet maskdi isi dengan tekan enter aja  and    default dateway kita isi dengan jumlah ip juga. gini ya..

  
6. setelah nampak seperti di atas tu, kita close, trus pilih command prompt. setelah itu akan nampak layar seperti di bawah ini.

 Diatas  nampak bentuk layar commad prompt, pada layar paling bawah ada tulisan PC> disitu kita ketik ping terus Ip Address. Contoh jumlah Ip seperti berikut :
          -  PC> ping 192.168.1.1 lalu tekan enter. seperti yang di atas ya.........

7. Nah, ni yang terakhir saya buat tapi caranya sama juga kayak no. 6 cuma saya maw menampilkan satu lagi biar anda semua nambah ngerti... buat gini ya...
          -  PC> ping 192.168.1.2 tekan enter.  nampak layar seperti berikut..


Nah,kawan-kawan mudah kan cara mengconetkan PC dengan swicth............
mudah-mudahan anda semua paham dan maw menprektekkan sendiri ya.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar